Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Alam IKN Nusantara, Kebun Raya Balikpapan

Foto by: Instagram kebunrayabppnofficial

Kebun Raya Balikpapan merupakan salah satu objek wisata di kota Balikpapan yang Beralamatkan di Jalan Soekarno Hatta Km. 15, Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Terdapat Banyak Sekali Objek Wisata yang bisa kalian kunjungi di Kebun Raya Balikpapan ini, Ada Hewan-hewan dan tumbuhan langkah yang bisa kalian temui di Kebun Raya ini.

Pemerintah Kota Balikpapan bekerjasama dengan Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dan Balai Besar Penelitian Dipterocarpaceae Dephut untuk kegiatan pembangunan Kebun Raya Balikpapan yang Dilansir dari Wikipedia.

Kamis, 1 Desember 2005 merupakan tonggak sejarah bagi Kebun Raya Balikpapan. Ditandai dengan penyerahan masterplan Kebun Raya Balikpapan dari Kepala Lembaga Ilmu PengetahuanIndonesia (Prof. Dr. Umar Anggara Jenie yang diwakili oleh Deputi IPH - LIPI, Bapak Prof. Dr. Endang Sukara) kepada Walikota Balikpapan (Bapak H. Imdaad Hamid, S.E.) maka secara resmi dicanangkan titik awal pembangunan Kebun Raya Balikpapan. Untuk selanjutnya tanggal 1 Desember dinyatakan sebagai hari lahir Kebun Raya Balikpapan.


Foto by: Instagram kebunrayabppnofficial

Dilansir dari dlh.balikpapan.go.id Pembangunan Kebun Raya Balikpapan di latar belakangi oleh keprihatinan akan semakin cepatnya kerusakan ekosistem hutan di Kalimantan Timur. Kerusakan ekosistem hutan tersebut diketahui akan berdampak pada hilangnya jenis-jenis tumbuhan khas Kalimantan. Selain itu, beberapa inisiator awal mengharapkan adanya ruang terbuka hijau yang dapat mengakomodir kegiatan rekreasi, pendidikan dan konservasi masyarakat Balikpapan di sekitar Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW) yang telah lebih dahulu ada. Selain itu pembangunan Kebun Raya Balikpapan juga dimaksudkan untuk memberdayakan masyarakat sekitar dan diharapkan berdampak positif pada peran serta mereka dalam melindungi HLSW.


Foto by: Instagram kebunrayabppnofficial

Kebun Raya Balikpapan memiliki 5 fungsi, yakni :

1. Fungsi Konservasi ex-situ;

2. Fungsi Penelitian;

3. Fungsi Pendidikan;

4. Fungsi Wisata Lingkungan;

5. Fungsi Jasa Lingkungan.

Posting Komentar untuk "Wisata Alam IKN Nusantara, Kebun Raya Balikpapan"